Pengaruh Strategi Learning Start with a Question (LSQ) melalui Lesson Study terhadap Metakognisi Siswa (Kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)
View/ Open
Date
2016Author
Dea Ajeng Pravita Suendi
Suratno
Mochammad Iqbal
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam proses pembelajaran siswa lebih cenderung untuk menghafal informasi bukan memahami, hal tersebut menyebabkan siswa cenderung diam, kurang aktif dan malu dalam bertanya. Peran serta guru seharusnya mampu membuat siswa belajar lebih aktif dengan bertanya dalam berdiskusi dan mampu memecahkan permasalahan sendiri oleh karena itu, untuk menciptakan suasana pembelajaran aktif dalam kelas diperlukan suatu strategi pembelajaran aktif. Salah satu dari strategi pembelajaran aktif yang menekankan siswa mampu bertanya sebelum ada penjelasan dari guru adalah strategi LSQ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi LSQ melalui lesson study terhadap metakognisi siswa pada kelas XI IPA MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian quasi experimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengukuran metakognisi, dokumentasi, wawancara. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian control group pre-test post-test, rancangan ini telah ada kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol, subjek dipilih dengan metode random sampling dan didapatkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian kuasi eksperimen menunjukkan bahwa diperoleh hasil pada strategi LSQ melalui lesson study berpengaruh signifikan terhadap metakognisi siswa dengan rerata kelas eksperimen sebesar 10,6 dan kelas kontrol sebesar 4,4.
Collections
- SRA-Education [1352]