• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    DARIN FOURYZA.odt (292.0Kb)
    Date
    2016
    Author
    Darin Fouryza
    Sihono
    Chumi Zahroul Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan globalisasi pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental sebenarnya (true experimental) dengan pola pre-test – post-test control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember, dengan jumlah 58 siswa. Penentuan subyek menggunakan metode populasi yaitu dengan mengambil seluruh subyek siswa kelas IVA dan IVB. Penentuan kelas eksperimental dan kelas kontrol menggunakan metode cluster random sampling. Data hasil belajar Pkn yang dianalisis adalah beda skor tes hasil belajar (pre-test – post-test) menggunakan tes bentuk obyektif. Hasil belajar yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dari domain kognitif (mengngat, memahami, menerapkan, dan menganalisis). Data yang diperoleh dianalis dengan melakukan analisis data statistik menggunakan uji-t. Penghitungan pada uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung= 2,992, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel, db= 56, pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel= 2,0126. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,992 > 2,0216, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar Pkn pada siswa kelas IV SD yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan yang diajar tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77259
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository