Show simple item record

dc.contributor.authorPerdana Wibisono, I
dc.date.accessioned2016-10-31T04:03:34Z
dc.date.available2016-10-31T04:03:34Z
dc.date.issued2016-10-31
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77255
dc.descriptionFISIP Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jemberen_US
dc.description.abstractPengembangan potensi pariwisata memerlukan data dasar berupa karakteristik wisatawan, patronage buying motives dan keputusan wisatawan untuk mengunjungi suatu lokasi wisata. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis karakteristik wisatawan, patronage buying motives dan keputusan wisatawan mengunjungi Desa Ekowisata Rajegwesi pada Taman Nasional Meru Betiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Desa Ekowisata Rajegwesi, mengetahui gambaran mengenai patronage buying motives wisatawan yang berkunjung ke Desa Ekowisata Rajegwesi, menganalisa proses keputusan wisatawan untuk berkunjung ke Desa Ekowisata Rajegwesi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan menggunakan metode survey yang disarkan pada pengambilan contoh dari suatu populasi menggunakan kuesioner. Jenis penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif. Wisatawan yang dijadikan unit analisis adalah pengunjung yang datang ke Desa Ekowisata Rajegwesi. Ada 8 (delapan) komponen karakteristik pengunjung yang diteliti. Variabel yang digunakan ada 6 (enam) variabel patronage buying motives dan 5 (lima) variabel keputusan pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk karakteristik pengunjung, analisis regresi menentukan faktor-faktor patronage buying motives serta tabulasi dan deskripsi untuk pengambilan keputusan. Khusus untuk analisis regresi akan dilanjutkan dengan uji F dan uji T untuk melihat kelayakannya. Pengaruh patronage buying motives terhadap proses keputusan wisatawan dalam mengunjungi Desa Ekowisata Rajegwesi dianalisis dengan 7 variabel prediktor yang dimasukkan ke dalam persamaan berdasarkan kriteria Use Probability of F Entry 0,05 dan Removal 0,01. Ketujuh variabel tersebut adalah letak lokasi, suasana, fasilitas, harga, kualitas personal, promosi dan keamanan yang dimasukkan ke dalam persamaan karena memenuhi kriteria. Pengaruh ketujuh faktor/aspek tehadap keputusan wisatawan untuk mengunjungi lokasi dapat ditunjukkan oleh persamaan linier: Ŷ = 1,346-0,112X1 + 0,196X2-0,058X3+ 0,183X4+ 0,147X5+ 0,107X6+ 0,042X7 dengan probabilitas (Sig) 0,000 (kurang dari 0,05), R2 0,311, dan standard error of the estimation sebesar 0,369994. Dengan asumsi variabel bebas lainnya konstan, persamaan tersebut menunjukkan bahwa suasana, harga, kualitas personal, promosi, dan keamanan berpengaruh positif terhadap kunjungan wisatawan ke Desa Ekowisata 3 Rajegwesi. Sementara itu letak lokasi dan fasilitas berpengaruh negatif terhadap kunjungan wisatawan. Dari ketujuh faktor tersebut, pengaruh yang nyata (signifikan) ditunjukkan oleh letak lokasi, suasana, harga, personal, dan promosi, sedangkan pengaruh faktor fasilitas dan keamanan tidak signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang potensi wisata lainnya di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Selain itu disarankan kepada Pengelola TNMB dan Masyarakat Ekowisata Rajegwesi untuk memperbaiki fasilitas di Ekowisata Rajegwesi antara lain fasilitas beristirahat (kursi pantai, gazebo), fasilitas bermain untuk berbagai kelompok usia, sarana umum lainnya. Keunggulan kondisi alam yang menarik perlu dipelihara dan dipertahankan. Aksesibilitas ke lokasi yang masih kurang perlu ditingkatkan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi. Promosi tentang lokasi wisata ini perlu ditingkatkan hingga tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Dosen Pemula - 2016en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Dosen Pemula;2016
dc.subjectDesa Ekowisata Rajegwesien_US
dc.subjectPatronage Buying Motivesen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.titleKarakteristik, Patronage Buying Motives dan Keputusan Wisatawan Dalam Mengunjungi Desa Ekowisata Rajegwesi Pada Taman Nasional Meru Betiri Di Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record