Karakteristik, Patronage Buying Motives dan Keputusan Wisatawan Dalam Mengunjungi Desa Ekowisata Rajegwesi Pada Taman Nasional Meru Betiri Di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Pengembangan potensi pariwisata memerlukan data dasar berupa karakteristik 
wisatawan, patronage buying motives dan keputusan wisatawan untuk mengunjungi 
suatu lokasi wisata. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis karakteristik 
wisatawan, patronage buying motives dan keputusan wisatawan mengunjungi Desa 
Ekowisata Rajegwesi pada Taman Nasional Meru Betiri. Tujuan dalam penelitian ini 
adalah mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Desa Ekowisata 
Rajegwesi, mengetahui gambaran mengenai patronage buying motives wisatawan yang 
berkunjung ke Desa Ekowisata Rajegwesi, menganalisa proses keputusan wisatawan 
untuk berkunjung ke Desa Ekowisata Rajegwesi. Metode penelitian ini menggunakan 
pendekatan menggunakan metode survey yang disarkan pada pengambilan contoh dari 
suatu populasi menggunakan kuesioner. Jenis penelitian bersifat deskriptif dan 
verifikatif. Wisatawan yang dijadikan unit analisis adalah pengunjung yang datang ke 
Desa Ekowisata Rajegwesi. Ada 8 (delapan) komponen karakteristik pengunjung yang 
diteliti. Variabel yang digunakan ada 6 (enam) variabel patronage buying motives dan 5 
(lima) variabel keputusan pembelian. Dalam penelitian ini menggunakan analisis 
deskriptif untuk karakteristik pengunjung, analisis regresi menentukan faktor-faktor 
patronage buying motives serta tabulasi dan deskripsi untuk pengambilan keputusan. 
Khusus untuk analisis regresi akan dilanjutkan dengan uji F dan uji T untuk melihat 
kelayakannya. 
Pengaruh patronage buying motives terhadap proses keputusan wisatawan dalam 
mengunjungi Desa Ekowisata Rajegwesi dianalisis dengan 7 variabel prediktor yang 
dimasukkan ke dalam persamaan berdasarkan kriteria Use Probability of F Entry 0,05 
dan Removal 0,01.  Ketujuh variabel tersebut adalah  letak lokasi, suasana, fasilitas, 
harga, kualitas personal, promosi dan keamanan yang dimasukkan ke dalam persamaan 
karena memenuhi kriteria.  Pengaruh ketujuh faktor/aspek tehadap keputusan wisatawan 
untuk mengunjungi lokasi dapat ditunjukkan oleh persamaan linier: Ŷ = 1,346-0,112X1 + 0,196X2-0,058X3+ 0,183X4+ 0,147X5+ 0,107X6+ 0,042X7 dengan probabilitas (Sig) 0,000 (kurang dari 0,05), R2 0,311, dan standard error of the 
estimation sebesar 0,369994.  Dengan asumsi variabel bebas lainnya konstan, 
persamaan tersebut menunjukkan bahwa suasana, harga, kualitas personal, promosi, dan 
keamanan berpengaruh positif terhadap kunjungan wisatawan ke Desa Ekowisata 
3 
 
Rajegwesi.  Sementara itu letak lokasi dan fasilitas berpengaruh negatif terhadap 
kunjungan wisatawan.  Dari ketujuh faktor tersebut, pengaruh yang nyata (signifikan) 
ditunjukkan oleh letak lokasi, suasana, harga, personal, dan promosi, sedangkan 
pengaruh faktor fasilitas dan keamanan tidak signifikan. 
Berdasarkan hasil analisis tersebut disarankan agar dilakukan penelitian lebih 
lanjut tentang potensi wisata lainnya di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).  Selain 
itu disarankan kepada Pengelola  TNMB dan Masyarakat Ekowisata Rajegwesi untuk 
memperbaiki fasilitas di Ekowisata Rajegwesi antara lain fasilitas beristirahat (kursi 
pantai, gazebo), fasilitas bermain untuk berbagai kelompok usia, sarana umum lainnya.  
Keunggulan kondisi alam yang menarik perlu dipelihara dan dipertahankan.  
Aksesibilitas ke lokasi yang masih kurang perlu ditingkatkan bekerjasama dengan Dinas 
Perhubungan Kabupaten Banyuwangi.  Promosi tentang lokasi wisata ini perlu 
ditingkatkan hingga tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan jumlah 
kunjungan wisatawan domestik maupun manca negara.
