• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP DENGAN APLIKASI PREZI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIID MTS AL-BADRI MATA PELAJARAN IPS MATERI KELEMBAGAAN SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    CHAMELIA PUTRI.odt (208.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Chamelia Putri
    Dra. Retna Ngesti S, M.P2
    Hety Mustika Ani, S.Pd., M.Pd
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIID MTs Al-Badri tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPS materi kelembagaan sosial melalui penggunaan media Mind Map dengan aplikasi Prezi. Penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIID yang berjumlah 33 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumen. Analisis data aktivitas siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media Mind Map dengan aplikasi Prezi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kategori kurang aktif dengan jumlah skor 352 menjadi kategori aktif dengan skor 478 pada siklus 1 dan kategori sangat aktif pada siklus 2 dengan skor 555. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, persentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM pada sebelum tindakan sebesar 15%, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 36% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 76%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media Mind Map dengan aplikasi Prezi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77239
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository