PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP DENGAN APLIKASI PREZI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS VIID MTS AL-BADRI MATA PELAJARAN IPS MATERI KELEMBAGAAN SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
View/ Open
Date
2016Author
Chamelia Putri
Dra. Retna Ngesti S, M.P2
Hety Mustika Ani, S.Pd., M.Pd
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIID MTs Al-Badri tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPS materi kelembagaan sosial melalui penggunaan media Mind Map dengan aplikasi Prezi. Penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIID yang berjumlah 33 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumen. Analisis data aktivitas siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media Mind Map dengan aplikasi Prezi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari kategori kurang aktif dengan jumlah skor 352 menjadi kategori aktif dengan skor 478 pada siklus 1 dan kategori sangat aktif pada siklus 2 dengan skor 555. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, persentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM pada sebelum tindakan sebesar 15%, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 36% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 76%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media Mind Map dengan aplikasi Prezi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]