Heterogenitas Kemampuan Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Leader-TRACE
Abstract
Kemampuan siswa yang tidak homogen dalam kelas adalah salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan tingkat heterogenitas kemampuan siswa di kelas sehingga membutuhkan pengembangan model pembelajaran baru yang dapat lebih fokus untuk meminimalkannya. Data heterogenitas kemampuan siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara pada Mei 2015, yang terdiri dari 10 guru dan 20 siswa dari beberapa sekolah menengah di Jember. Sebagai hasil, para guru menjelaskan bahwa sebagian besar sekolah memiliki kemampuan belajar perbedaan siswa secara signifikan, sehingga pemahaman siswa tidak merata. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa model pembelajaran oleh guru dirasa membosankan dan kurang memotivasi untuk belajar. Mereka juga lebih memilih untuk belajar di kelompok daripada individu karena mereka dapat berbagi pendapat jika mengalami kesulitan dalam belajar. Oleh karena itu, perlu pengembangan model pembelajaran baru yang dikemas dalam Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation), yakni model pembelajaran dengan sintaks yang lebih fokus untuk meningkatkan pemahaman siswa dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation) yang didasari oleh heterogenitas kemampuan siswa di kelas sangat diperlukan.
Collections
- SRA-Education [1352]