dc.description.abstract | embelajaran IPA menuntut pelaksanaanya dilakukan secara inkuari, hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan lebih mendalam. Melalui pembelajaran bersama alam siswa didorong untuk menemukan konsep – konsep IPA dengan melakukan pengamatan secara langsung pada alam sekitar, sehingga siswa tidak hanya mengetahui teori – teori dari buku saja melainkan juga didapat dari mengamati dan memahaminya secara langsung dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari proses pengembangan pembelajaran IPA dengan berorientasi pada pembelajaran bersama alam serta mengetahui tingkat keefektifannya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan uji validitas perangkat, observasi, angket, dokumentasi, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data uji validitas perangkat pembelajaran memperoleh nilai sebesar 84% dan 86% untuk kategori sangat layak, dalam segi kepraktisan perangkat dapat dikatakan praktis dengan mengacu pada aktifitas siswa sebesar 84% untuk kategori aktif, serta angket siswa sebesar 96% yang menunjukkan siswa senang dengan pembelajaran bersama alam, serta dalam segi keefektifan perangkat berada dalam kategori tinggi dengan nilai keefektifan relatif sebesar 81.6%, dan ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85.7%. Dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan adalah perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA berorientasi pada pembelajaran bersama alam. | en_US |