Show simple item record

dc.contributor.authorBachtiar, Rayendra Wahyu
dc.date.accessioned2016-09-26T04:54:36Z
dc.date.available2016-09-26T04:54:36Z
dc.date.issued2016-09-26
dc.identifier.issn1411-5433 ; e-ISSN: 2502-2768
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77120
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengkaji keterampilan mahasiswa secara kolaboratif menyelesaikan saat diberikan permasalahan pembelajaran dan disebut Collaborative Problem Solving (CPS). Metode yang digunakan untuk mengkaji keterampilan CPS mahasiswa menggunakan evaluasi countenance stake. Analisis skema observation dan judgement menggunakan pendekatan Model Rasch. Metode pengumpulan data secara observasi untuk keterampilan CPS meliputi Cognitive Skills dan Social Skills, data lembar hasil penyelesaian masalah (LO), dan Kuesioner pengalaman belajar mahasiswa (CEQ). Hasil analisis congruence dan contigency dengan Model Rasch menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki cognitive skills yang cukup baik, namun social skills mahasiswa tidak dimiliki secara maksimal. Sehingga tingkat keberhasilan penyelesaian masalah masih kurang dari standar karena berbagai potensi ide solusi seluruh anggota tidak terakomodir secara baik. Selain itu, temuan penelitian memberikan rekomendaasi perlunya kajian lebih lanjut terkait keterempilan bernalar dan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah agar diketahui kreativitas berpikir dan cara bernalar seperti apa yang digunakan mahasiswa untuk mengambil keputusan atau solusi permasalahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCollaborative Problem Solving Skillsen_US
dc.subjectModel Raschen_US
dc.subjectCountenance Stakeen_US
dc.titleMODEL EVALUASI COUNTENANCE STAKE MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS RASCH TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH KOLABORATIFen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record