Show simple item record

dc.contributor.authorBachtiar, Rayendra Wahyu
dc.date.accessioned2016-09-26T04:50:49Z
dc.date.available2016-09-26T04:50:49Z
dc.date.issued2016-09-26
dc.identifier.issn2442-8868; e-ISSN: 2442-904X
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77119
dc.description.abstractIndikator pembelajaran bermakna adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan cara sendiri. Cara mahasiswa memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh keterampilan proses sains mahasiswa. Salah satu cara mengetahui bagaimana mahasiswa belajar memecahkan masalah adalah dengan melihat bagaimana mahasiswa memetakan masalah, sehingga akan terlihat cara mahasiswa mengkonstruksi pengetahuannya untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mendesain dan melihat bagaimana mahasiswa bisa memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran problem mapping concept (PMC) dan mengukur efektivitas model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Desain penelitian untuk pengembangan model pembelajaran PMC adalah metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Validasi isi dan konstruk kelayakan model pembelajaran PMC dilakukan olah ahli. Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran PMC layak digunakan dalam pembelajaran. Dampak model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa dilihat dengan membandingkan hasil pretes dan postes keterampilan proses sains. Uji-t berpasangan sisi atas digunakan untuk menganalisis pengaruh model belajar terhadap keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PMC secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectketerampilan proses sainsen_US
dc.subjectproblem mapping concepten_US
dc.subjectmodel pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Problem Mapping Concept Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainsen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record