dc.description.abstract | Pendidikan merupakan tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang
berkualitas untuk semua anak, terutama untuk mempersiapkan peserta didik yaitu anak
berkebutuhan khusus dalam menghadapi tantangan masa depan. Untuk itu pengembangan
profesionalisme guru ABK perlu ditingkatkan. Hal tersebut terkait semua komponenkomponen
pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang benar-benar harus
dipersiapkan dengan baik. Terutama komponen guru sebagai tiang utama dalam
keberhasilan mutu. Keberadaan guru ABK yang profesional bagi suatu bangsa sangatlah
penting apalagi suatu bangsa yang sedang membangun. Terlebih-lebih komponen guru
sebagai tiang utama dalam keberhasilan mutu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
upaya sekolah peningkatan profesionalisme guru ABK SD YIMA di kabupaten Bondowoso
dalam meningkatkan kualitas para guru. Subyek penelitiannya adalah semua kepala sekolah
SD penyelenggara pendidikan inklusi di kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu adanya upaya sekolah yang
dilakukan dalam meningkatkan kualitas guru ABK. Dalam meningkatkan profesionalisme
guru ABK tersebut dapat dilihat melalui usaha pihak sekolah dengan mengikutsertakan para
guru untuk mengikuti pelatihan , seminar, workshop, dan mengikutsertakan peserta didik
yang ABK untuk mengikuti berbagai lomba. Adapun faktor pendukung dalam peningkatakan
profesionalisme guru ABK dalam pelaksanaan pendidikan ABK mendapat bantuan dana dari
pemerintah pusat, guru-guru konsisten melaksanakan tugas dan fungsinya, tersedia juga
media belajar yang memadai, komunikasi dengan orang tua cukup baik. Faktor
penghambatnya adalah kurangnya guru pembimbing khusus, guru belum pernah mengikuti
pelatihan, masih ada orang tua kurang perduli terhadap program pendidikan inklusi, dan
media belajar yang masih kurang. | en_US |