• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA KEPALA SEKOLAH SD YIMA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KABUPATEN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    laporan_penelitia_YIMA_bws.pdf (273.4Kb)
    Date
    2016-09-26
    Author
    Alkornia, Sylva
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas untuk semua anak, terutama untuk mempersiapkan peserta didik yaitu anak berkebutuhan khusus dalam menghadapi tantangan masa depan. Untuk itu pengembangan profesionalisme guru ABK perlu ditingkatkan. Hal tersebut terkait semua komponenkomponen pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang benar-benar harus dipersiapkan dengan baik. Terutama komponen guru sebagai tiang utama dalam keberhasilan mutu. Keberadaan guru ABK yang profesional bagi suatu bangsa sangatlah penting apalagi suatu bangsa yang sedang membangun. Terlebih-lebih komponen guru sebagai tiang utama dalam keberhasilan mutu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya sekolah peningkatan profesionalisme guru ABK SD YIMA di kabupaten Bondowoso dalam meningkatkan kualitas para guru. Subyek penelitiannya adalah semua kepala sekolah SD penyelenggara pendidikan inklusi di kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu adanya upaya sekolah yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas guru ABK. Dalam meningkatkan profesionalisme guru ABK tersebut dapat dilihat melalui usaha pihak sekolah dengan mengikutsertakan para guru untuk mengikuti pelatihan , seminar, workshop, dan mengikutsertakan peserta didik yang ABK untuk mengikuti berbagai lomba. Adapun faktor pendukung dalam peningkatakan profesionalisme guru ABK dalam pelaksanaan pendidikan ABK mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat, guru-guru konsisten melaksanakan tugas dan fungsinya, tersedia juga media belajar yang memadai, komunikasi dengan orang tua cukup baik. Faktor penghambatnya adalah kurangnya guru pembimbing khusus, guru belum pernah mengikuti pelatihan, masih ada orang tua kurang perduli terhadap program pendidikan inklusi, dan media belajar yang masih kurang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77110
    Collections
    • LSP-The Research [168]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository