Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.advisorKurniati, Dian
dc.contributor.authorAZIZAH, Rori
dc.date.accessioned2016-08-25T08:33:26Z
dc.date.available2016-08-25T08:33:26Z
dc.date.issued2016-08-25
dc.identifier.nim120210101102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76788
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu komponen kehidupan yang paling penting untuk dimiliki setiap manusia, karena pendidikan dapat membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiaanya. Pendidikan di suatu negara terdiri atas berbagai macam rumpun ilmu, salah satunya adalah matematika. Matematika merupakan mata pelajaran wajib di setiap jenjang pendidikan fomal yaitu di sekolah. Pendidikan di sekolah dilakukan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut dapat dilakukan dengan mengupayakan peningkatan aspek kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang digunakan sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh karena itu diharapkan buku teks yang akan digunakan dalam proses pembelajaran berkualitas baik. Untuk mengetahui kualitas yang baik pada buku teks dapat menggunakan kriteria Bell sebagai alat analisis, karena Bell merumuskan empat kriteria yang harus ada di dalam buku teks yang terdiri dari (1) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (2) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (3) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik dan (4) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Dengan demikian analisis buku teks matematika dapat dilakukan dengan menggunakan keempat kriteria Bell. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Statistika Berdasarkan Kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru. Pengambilan sampel buku teks pada penelitian dipandang dapat mewakili buku teks matematika dengan hak cipta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2014 yang digunakan oleh semua sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti hanya mengungkapkan banyak fakta dari subjek penelitian. Data dalam penelitian ini adalah kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kriteria Bell. Buku teks matematika yang dimaksud adalah Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Semester Genap Pokok Bahasan Statistika. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku teks berdasarakan kriteria Bell, lembar validasi bahasa, dan lembar keabsahan data dari hasil analisis yang telah dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Data yang dianalisis adalah data kesesuaian buku teks yang telah dilakukan keabsahan data. Apabila terdapat ketidaksesuaian dengan kriteria Bell maka diberikan saran perbaikan berdasarkan kesalahan yang telah ditemukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan materi matematika yang memenuhi adalah indikator 3, 8, 9, 10, 13, 15, dan 21. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 2, 4, 5, 6, 7, 11, 12, 14, 16, 17, 18, 19, dan 20; kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan metode penyampaian materi yang memenuhi adalah indikator 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 15, 17, 18, dan 21. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 10, 12, 13, 14, 16, 19, dan 20; kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan karakteristik fisik yang memenuhi adalah indikator 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 2; dan kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru yang memenuhi adalah indikator 2, 3, 5, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 16, dan 19. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 4, 6, 14, 15, 17, dan 18.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKRITERIA BELLen_US
dc.titleANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMA KELAS XI POKOK BAHASAN STATISTIKA BERDASARKAN KRITERIA BELLen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record