• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMA KELAS XI POKOK BAHASAN STATISTIKA BERDASARKAN KRITERIA BELL

    Thumbnail
    View/Open
    Rori Azizah - 120210101102 -1.pdf (1.184Mb)
    Date
    2016-08-25
    Author
    AZIZAH, Rori
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu komponen kehidupan yang paling penting untuk dimiliki setiap manusia, karena pendidikan dapat membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiaanya. Pendidikan di suatu negara terdiri atas berbagai macam rumpun ilmu, salah satunya adalah matematika. Matematika merupakan mata pelajaran wajib di setiap jenjang pendidikan fomal yaitu di sekolah. Pendidikan di sekolah dilakukan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk menghadapi kehidupan dimasa yang akan datang. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tersebut dapat dilakukan dengan mengupayakan peningkatan aspek kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang digunakan sebagai bahan belajar adalah buku teks. Oleh karena itu diharapkan buku teks yang akan digunakan dalam proses pembelajaran berkualitas baik. Untuk mengetahui kualitas yang baik pada buku teks dapat menggunakan kriteria Bell sebagai alat analisis, karena Bell merumuskan empat kriteria yang harus ada di dalam buku teks yang terdiri dari (1) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (2) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (3) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik dan (4) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Dengan demikian analisis buku teks matematika dapat dilakukan dengan menggunakan keempat kriteria Bell. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Pokok Bahasan Statistika Berdasarkan Kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru. Pengambilan sampel buku teks pada penelitian dipandang dapat mewakili buku teks matematika dengan hak cipta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2014 yang digunakan oleh semua sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti hanya mengungkapkan banyak fakta dari subjek penelitian. Data dalam penelitian ini adalah kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kriteria Bell. Buku teks matematika yang dimaksud adalah Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas XI Semester Genap Pokok Bahasan Statistika. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku teks berdasarakan kriteria Bell, lembar validasi bahasa, dan lembar keabsahan data dari hasil analisis yang telah dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Data yang dianalisis adalah data kesesuaian buku teks yang telah dilakukan keabsahan data. Apabila terdapat ketidaksesuaian dengan kriteria Bell maka diberikan saran perbaikan berdasarkan kesalahan yang telah ditemukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan materi matematika yang memenuhi adalah indikator 3, 8, 9, 10, 13, 15, dan 21. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 2, 4, 5, 6, 7, 11, 12, 14, 16, 17, 18, 19, dan 20; kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan metode penyampaian materi yang memenuhi adalah indikator 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 15, 17, 18, dan 21. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 10, 12, 13, 14, 16, 19, dan 20; kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan karakteristik fisik yang memenuhi adalah indikator 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 2; dan kesesuaian buku teks yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru yang memenuhi adalah indikator 2, 3, 5, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 16, dan 19. Sedangkan yang tidak memenuhi adalah indikator 1, 4, 6, 14, 15, 17, dan 18.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76788
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository