Show simple item record

dc.contributor.advisorLesmono, Albertus
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorDEWI, Vicky Cahya
dc.date.accessioned2016-08-19T07:57:00Z
dc.date.available2016-08-19T07:57:00Z
dc.date.issued2016-08-19
dc.identifier.nim110210102034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76675
dc.description.abstractPembelajaran fisika di sekolah pada kenyataannya masih mengalami permasalahan. Menurut Trianto (2009: 5), masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara terbatas dengan guru fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah, siswa yang hasil ulangan hariannya lebih dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) kurang lebih 25%. Hasil tersebut disebabkan oleh beberapa permasalahan diantaranya siswa kurang memahami materi yang diajarkan guru; siswa merasa takut bertanya kepada guru; gaya mengajar guru yang terlalu cepat; siswa kurang menyukai guru fisika yang mengajar hanya dengan metode ceramah; kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran fisika di sekolah; kurangnya keterampilan kerjasama siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Untuk melengkapi model tersebut dapat digunakan suatu lembar kegiatan siswa. LKS yang sesuai adalah LKS berbasis pendekatan kontekstual yang menghubungkan teori dengan situasi dunia nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh penggunaan model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika di SMA, 2) mendeskripsikan kerjasama siswa dalam pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual di SMA, 3)mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah pada tanggal 4 sampai 21 januari 2016. Sebelum memilih sampel dilakukan uji homogenitas terhadap populasi, dan sampel penelitian dipilih dengan cara cluster random sampling. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dokumentasi, portofolio, dan agket. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian oleh observer, post-test, dan siswa. Adapun teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif dan uji t berbantuan software SPSS 16. Hasil analisis data untuk mengkaji hasil belajar ranah afektif, psikomotor, dan kognitif dengan uji Independent Sample T-Test , nilai ttest dari masing-masing ranah yaitu: ranah afektif ttest = 3,499; ranah psikomotor ttest = 2,122; ranah kognitif ttest = 4,025. Nilai t tabel adalah t0,05(72) = 1.99346. Maka ttest > ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, sehinggga ada pengaruh model kopoeratif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Hasil analisis data untuk kerjasama siswa diperoleh presentase rata-rata dari seluruh indikator sebesar 86,8% dengan kriteria sangat baik. Adapun untuk hasil analisis data motivasi belajar siswa diperoleh presentase rata-rata dari seluruh aspek motivasi sebesar 76,46% dengan kriteria termotivasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh model kopoeratif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMAN 1 Jenggawah; (2) kerjasama siswa dalam pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual di SMAN 1 Jenggawah termasuk dalam kategori sangat baik; (3) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual di SMAN 1 Jenggawah termasuk dalam katerori termotivasien_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSTADen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR, KERJASAMA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI Sen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record