• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL SDN 2 BULUREJO BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Widyaning Tyastutik - 120210204032.pdf (3.058Mb)
    Date
    2016-08-19
    Author
    Tyastutik, Widyaning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Bulurejo Banyuwangi dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian model skema Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan. Pelaksanaan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mata pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi berjalan lancar sesuai rencana yang telah dibuat peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil observasi pada pra siklus dalam kriteria cukup aktif dengan persentase 53,65%, meningkat menjadi kriteria aktif dengan persentase 70,21% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi kriteria sangat aktif dengan persentase sebesar 85,83% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil observasi pada pra siklus dalam kriteria cukup dengan skor 65, meningkat menjadi kriteria baik dengan skor 74,67 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi kriteria sangat baik dengan skor sebesar 82,87 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bulurejo Banyuwangi. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar kemampuan aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Saran untuk peneliti lain yaitu supaya penelitian ini dapat dijadikan sumber untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan menerapkan model pembelajaran yang sama dengan materi yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76673
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository