Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharto
dc.contributor.advisorOktavianingtyas
dc.contributor.authorAGUS, Tiofani Indraswari
dc.date.accessioned2016-08-19T07:15:52Z
dc.date.available2016-08-19T07:15:52Z
dc.date.issued2016-08-19
dc.identifier.nim120210101050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76671
dc.description.abstractMenurut Alexander (dalam Mahmudi, 2008:2) kesuksesan hidup seseorang sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam menyelesaikan masalah secara kreatif, baik dalam skala besar maupun kecil. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya adalah gaya belajar. Menurut DePorter (2013:112), gaya belajar seseorang dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Selain itu ada pendapat bahwa gender juga mempengaruhi kemampuan matematika seseorang walaupun ada juga yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Seorang guru harus mengetahui gaya belajar siswanya agar guru mampu memahami perilaku siswa dalam proses pemecahan masalah kreatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui mendeskripsikan langkah pemecahan masalah kreatif pada siswa bergaya belajar visual berdasarkan gender pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan menambah pengetahuan guru tentang gaya belajar siswa dalam memecahkan masalah secara kreatif sehingga dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik serta dapat memberi masukan lembaga pendidikan terkait, sebagai masukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan lebih memperhatikan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari siswa dengan gaya belajar visual, tentang bagaimana deskripsi perilakunya dalam pemecahan masalah kreatf yaitu saat memahami masalah, membangun ide-ide, mempersiapkan pendekatan merencanakan pendekatan sesuai dengan indikator. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar VAK DePorter (2009:166-167), soal tes pemecahan masalah segitiga dan segiempat, serta pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan wawancara. Data yang dianalisis adalah data hasil angket, data hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Pelaksanaan pengumpulan data dilakukan pada tanggal 27 April-18 Mei 2016. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari angket gaya belajar VAK, diketahui bahwa terdapat 10 orang siswa visual di kelas VIIA yang masing-masing terdiri dari 7 orang siswa visual perempuan dan 3 orang siswa laki-laki. Sehingga sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat, maka subjek penelitian ini adalah 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang dipilih secara acak. Selanjutnya, dilakukan tes pemecahan masalah dan wawancara terhadap keenam subjek penelitian tersebut. Sesuai hasil analisis, diperoleh bahwa siswa dengan gaya belajar visual perempuan memiliki kecenderungan berperilaku DTA-Limited Context sedangkan siswa visual laki-laki cenderung berperilaku DTA-Not Proficient. Siswa perempun dan laki-laki dalam memecahkan masalah kreatif memiliki beberapa kesamaan pada beberapa tahap pemecahan masalah tetapi juga memiliki perbedaan. Siswa perempuan dan laki-laki cenderung memiliki persamaan perilaku pada tahapan memahami masalah, membangun ide-ide, mempersiapkan pendekatan. Pada tahapan merencanakan pendekatan, ada perbedaan antara siswa perempuan dan laki-laki yakni siswa perempuan lebih teliti dalam melakukan perhitungan daripada siswa laki-laki.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKREATIF SISWAen_US
dc.subjectGENDERen_US
dc.subjectSEGITIGA DAN SEGIEMPATen_US
dc.titlePROFIL PEMECAHAN MASALAH KREATIF SISWA BERGAYA BELAJAR VISUAL BERDASARKAN GENDER PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record