Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorAmalia, Uul Marifatul
dc.date.accessioned2016-08-18T07:40:26Z
dc.date.available2016-08-18T07:40:26Z
dc.date.issued2016-08-18
dc.identifier.nim120210204053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76648
dc.description.abstractMembaca merupakan suatu kegiatan aktif yang terjadi karena adanya interaksi antara pembaca dan teks sehingga dapat memahami makna yang terdapat pada teks dengan persepsinya masing-masing. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 Kabupaten Jember masih terdapat siswa kelas IV yang belum mencapai KKM dalam kemampuan membaca. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan teknik scramble. Teknik ini merupakan teknik yang berbentuk permaninan acak kata, kalimat, atau paragraf dan menggunakan penekanan latihan soal berupa permainan yang dikerjakan secara berkelompok. Keunggulan dari penerapan teknik pembelajaran scramble adalah mendorong siswa lebih aktif mengerjakan soal yang diberikan, melatih siswa untuk saling bekerjasama, memudahkan siswa dalam memahami isi bacaan, melatih disiplin dan mendorong pemahamn siswa terhadap materi. Berdasarkan uraian yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01? dan (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta (2) Untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins dengan tahapan perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses penerapan yang dapat meningkatan hasil belajar membaca pemahaman dapat dilihat dari presentase tes hasil belajar siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil refleksi, dapat diketahui bahwa penerapan teknik scramble pada siklus II telah lebih baik daripada siklus I. Hal ini disebabkan pada siklus II, terjadi perubahan tingkatan cerita anak supaya siswa lebih memahami dan penambahan motivasi terhadap siswa Berdasarkan hasil analisis, maka peningkatan hasil belajar membaca pemahaman dengan menggunakan teknik scramble siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 Jember dapat dibuktikan dengan hasil analisis bahwa nilai rata-rata prasiklus 57, pada siklus I meningkat sebesar 13 poin menjadi 70 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 17 point menjadi 87. Demikian keterangan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan teknik scramble, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 dapat meningkat. Adapun saran bagi guru, hendaknya hendaknya dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang salah satu teknik mengajar yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SDN Kasiyan Timur 01 Jember. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukkan dan acuan untuk penelitian lebih lanjuten_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPemahaman Ceritaen_US
dc.subjectTeknik Scramble Susun Paragrafen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN TENTANG CERITA ANAK MELALUI PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE SUSUN PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SDN KASIYAN TIMUR 01en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record