PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN TENTANG CERITA ANAK MELALUI PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE SUSUN PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SDN KASIYAN TIMUR 01
Abstract
Membaca merupakan suatu kegiatan aktif yang terjadi karena adanya
interaksi antara pembaca dan teks sehingga dapat memahami makna yang terdapat
pada teks dengan persepsinya masing-masing.
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Kasiyan Timur 01
Kabupaten Jember masih terdapat siswa kelas IV yang belum mencapai KKM
dalam kemampuan membaca. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan
menggunakan teknik scramble. Teknik ini merupakan teknik yang berbentuk
permaninan acak kata, kalimat, atau paragraf dan menggunakan penekanan latihan
soal berupa permainan yang dikerjakan secara berkelompok. Keunggulan dari
penerapan teknik pembelajaran scramble adalah mendorong siswa lebih aktif
mengerjakan soal yang diberikan, melatih siswa untuk saling bekerjasama,
memudahkan siswa dalam memahami isi bacaan, melatih disiplin dan mendorong
pemahamn siswa terhadap materi.
Berdasarkan uraian yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses penerapan teknik scramble
susun paragraf yang dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman
tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01? dan (2)
Bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita
anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 setelah diterapkan teknik
scramble susun paragraf ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk
mendeskripsikan proses penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat
meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa
kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 serta (2) Untuk meningkatkan hasil belajar
membaca pemahaman tentang cerita anak pada siswa kelas IV SDN Kasiyan
Timur 01 setelah diterapkan teknik scramble susun paragraf.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 tahun
pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins
dengan tahapan perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.
Proses penerapan yang dapat meningkatan hasil belajar membaca
pemahaman dapat dilihat dari presentase tes hasil belajar siswa pada tahap
prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil refleksi, dapat diketahui bahwa
penerapan teknik scramble pada siklus II telah lebih baik daripada siklus I. Hal ini
disebabkan pada siklus II, terjadi perubahan tingkatan cerita anak supaya siswa
lebih memahami dan penambahan motivasi terhadap siswa
Berdasarkan hasil analisis, maka peningkatan hasil belajar membaca
pemahaman dengan menggunakan teknik scramble siswa kelas IV SDN Kasiyan
Timur 01 Jember dapat dibuktikan dengan hasil analisis bahwa nilai rata-rata
prasiklus 57, pada siklus I meningkat sebesar 13 poin menjadi 70 sedangkan pada
siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 17 point menjadi 87. Demikian
keterangan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan teknik scramble,
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kasiyan Timur 01 dapat
meningkat.
Adapun saran bagi guru, hendaknya hendaknya dapat digunakan sebagai
bahan masukan tentang salah satu teknik mengajar yang melibatkan siswa aktif
dalam proses belajar mengajar. Bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai
bahan evaluasi dan dapat dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu
pendidikan khususnya di SDN Kasiyan Timur 01 Jember. Bagi peneliti lain,
hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukkan dan
acuan untuk penelitian lebih lanjut