• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN TEGAL GEDE 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Khotimah - 120210204157.pdf (3.191Mb)
    Date
    2016-08-18
    Author
    Khotimah, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian skor rata-rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 54,87% meningkat pada siklus I sebesar 72,30% meningkat lagi menjadi 81,79% pada siklus II. Artinya aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,43%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,49%. Ratarata hasil belajar siswa secara klasikal pra siklus sebesar 56,34 meningkat menjadi 70,81pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 80,69 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS Materi permasalahan sosialdi SDN Tegal Gede 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan Berbasis Masalah (PBL) berbantuan media videodapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76614
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository