PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN TEGAL GEDE 01 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 01 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri
dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode
yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumen.
Hasil penelitian skor rata-rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 54,87%
meningkat pada siklus I sebesar 72,30% meningkat lagi menjadi 81,79% pada siklus
II. Artinya aktivitas belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan
sebesar 17,43%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,49%. Ratarata
hasil belajar siswa secara klasikal pra siklus sebesar 56,34 meningkat menjadi
70,81pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi
80,69 pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Berbasis
Masalah (PBL) berbantuan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS Materi permasalahan sosialdi SDN Tegal
Gede 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Saran dalam penelitian
ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan Berbasis Masalah (PBL) berbantuan media
videodapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam
pembelajaran di kelas agar aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat.