Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharto
dc.contributor.advisorFatahillah, Arif
dc.contributor.authorLESTARI, Lisa Ayu
dc.date.accessioned2016-08-18T03:17:36Z
dc.date.available2016-08-18T03:17:36Z
dc.date.issued2016-08-18
dc.identifier.nim120210101073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76612
dc.description.abstractBeberapa penelitian mengenai integral menunjukkan bahwa hasil belajar materi integral siswa di Indonesia masih cukup rendah. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya disposisi matematis. Disposisi matematis merupakan keinginan kuat yang mendorong siswa untuk belajar matematika secara sadar sehingga memunculkan sikap positif yang membantu siswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan materi matematika, pada penelitian ini khususnya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan materi integral tak tentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disposisi matematis siswa dan seberapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar materi integral tak tentu. Pada penelitian ini, hasil belajar materi integral tak tentu yang menjadi variabel terikat dalam penelitian merupakan hasil belajar yang berupa nilai ulangan materi integral tak tentu. Dan variabel bebas dalam penelitian ini yaitu data skor angket disposisi matematis yang telah ditransformasi menjadi data berskala interval. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian yaitu 30 siswa kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Penelitian ini didahului dengan penyusunan instrumen penelitian yang berupa angket disposisi matematis. Sebelum melakukan penelitian, angket divalidasi terlebih dahulu untuk mengetahui valid tidaknya angket. Berdasarkan analisis lembar validasi angket diperoleh rerata total ( ) sebesar 4,50 dengan demikian angket disposisi matematis termasuk dalam kategori valid dan dapat digunakan untuk penelitian setelah dilakukan revisi. Selanjutnya dilakukan proses pengumpulan data hasil belajar siswa dan data skor angket selama penelitian Analisis tingkat disposisi matematis dilakukan dengan membandingkan data skor angket dengan kriteria disposisi matematis menurut Yuanari. Hasil yang diperoleh yaitu, dari 30 siswa tersebut terdapat 5 siswa yang memiliki tingkat disposisi matematis tinggi dan 25 siswa memiliki tingkat disposisi matematis sedang. Data skor angket yang diperoleh pada penelitian ini merupakan data berskala ordinal sehingga sebelum melakukan analisis regresi, data skor angket ditransformasi menjadi data berskala interval dengan menggunakan metode suksesif interval. Setelah itu, dilakukan uji normalitas dan uji linearitas terhadap data hasil belajar dan data skor angket dengan bantuan program SPSS 17.0 Release for Windows yang menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan linier.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectDISPOSISI MATEMATISen_US
dc.subjectMATERI INTEGRAL TAK TENTUen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI INTEGRAL TAK TENTU SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 4 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record