• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Hubungan Antar Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    WILDA NURUL MA'RUFI.odt (266.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Wilda Nurul Ma’rufi
    Nuriman
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media video pada pelajaran IPA pokok bahasan hubungan antar makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tiindakan Kelas (PTK) model Hopskins berbentuk spiral yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 terdiri atas 8 siswi perempuan dan 12 siswa laki-laki. Skor motivasi belajar diperoleh menggunakan instrumen observasi dan skor tes hasil belajar siswa diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Prajekan Kidul 02 Bondowoso tahun ajaran 2015/2016, pada akhir siklus I skor rata -rata motivasi belajar diperoleh 58. Pada akhir siklus II skor rata -rata motivasi belajar diperoleh 76,25. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Skor tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 64,8, sedangkan skor tes hasil belajar pada siklus II 80,2.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76511
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository