• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN NILAI SEVERITY INDEX RESIKO KERUSAKAN JALAN (Studi Kasus: Jalan Mawar Kecamatan Arjasa-Kecamatan Kalisat, Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Achmad Imamul Harumain - 121910301130 -1.pdf (2.304Mb)
    Date
    2016-08-16
    Author
    HARUMAIN, Achmad Imamul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis data yang dilakukan dengan mengidentifikasi variabel resiko. Kemudian dilakukan observasi untuk mengetahui panjang, lebar, dan kedalaman kerusakan sehingga hasilnya akan di klarifikasi untuk diberi penilaian probabilitas dan dampak. Dalam klarifikasi data dilakukan pada PU Bina Marga UPT Arjasa sebagai responden. Selanjutnya perhitungan probabilitas dan dampak resiko berdasarkan Severity Index, perhitungan tingkat resiko dan respon resiko. Dari hasil analisis didapat 21 variabel resiko dan diklasifikasi menjadi 3 jenis yaitu fasilitas jalan bagian drainase jalan, fasilitas jalan bagian pelengkap jalan dan jenis kerusakan jalan. Setelah dilakukan evaluasi resiko didapatkan 1 variabel resiko yang tinggi pada fasilitas jalan bagian drainase yaitu drainase tidak terbuat dari batu kali (tanah), hasil analisis resiko didapat 3 variabel resiko yang tinggi pada fasilitas jalan bagian pelengkap jalan yaitu garis marka kurang jelas, garis marka tidak ada, pembatas jalan (patok pengarah) serta hasil analisis resiko didapat 2 variabel resiko yang tinggi pada jenis kerusakan jalan yaitu lubang dan genangan air. Respon terhadap resiko yang paling tinggi pada fasilitas jalan bagian drainase yaitu drainase tidak terbuat dari batu kali (tanah) adalah kesadaran warga untuk tidak membuang sampah dan memelihara sistem drainase tersebut serta pemerintah segera memperbaiki sesuai standar. Respon terhadap resiko paling tinggi pada fasilitas pelengkap jalan bagian pelengkap jalan yaitu pembatas jalan (patok pengarah) adalah ujung dari patok pengarah dilengkapi dengan bahan bersifat reflektif dan lebih diperhatikan perawatannya agar lebih jelas serta aman bagi penggunanya. Respon terhadap resiko yang paling tinggi pada jenis kerusakan jalan yaitu lubang adalah perbaikan sementara dengan membersihkan lubang dan mengisinya dengan campuran aspal.serta perbaikan permanen dengan penambalan di seluruh kedalaman.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76505
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository