dc.description.abstract | Penerapan lembar kerja berstandart NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di SMK kelas X bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan lembar kerja berstandart NCTM (National Council of Teachers of Mathematics), aktivitas guru dan siswa, pemahaman konsep dan koneksinya setelah menggunakan lembar kerja bertandart NCTM. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dengan siklus pertama yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu, perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Secara rinci data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah adalah sebagai berikut: (1) aktifitas guru dan siswa selama proses belajar mengajar yang diperoleh kategorikan sangat aktif dalam pembelajaran; (2) kriteria untuk menghitung data berdasarkan indikator pemahaman konsep yang dicapai siswa pada materi operasi matriks menunjukkan adanya peningkatan Secara keseluruhan pemahaman konsep dan koneksi siswa setelah diadakannya pembelajaran penerapan lembar kerja berstandar NCTM. Pemahaman konsep siswa kelas X MMD 1 setelah diadakannya penerapan lembar kerja berstandar NCTM pada siklus I berdasarkan hasil analisis data mencapai skor sebesar 77,69%. Pemahaman konsep siswa pada siklus I tergolong pada kategori sedang. Pada siklus II mengalami kenaikan persentase menjadi 88,86%. Secara keseluruhan pemahaman konsep dan koneksi siswa ada peningkatan setelah diadakannya pembelajaran penerapan lembar kerja berstandar NCTM. | en_US |