Show simple item record

dc.contributor.advisorMisno A. Lathif
dc.contributor.advisorSyarifuddin
dc.contributor.authorWahidah Desy Nur'aini
dc.contributor.authorMisno A. Lathif
dc.contributor.authorSyarifuddin
dc.date.accessioned2016-08-16T01:21:24Z
dc.date.available2016-08-16T01:21:24Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76493
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi, sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu menerapkan kegiatan menggunting untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok A2 TK Bina Anaprasa NURIS Jember dengan jumlah anak 24 yang terdiri atas 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui keterampilan motorik halus anak kelompok A2 melalui kegiatan menggunting mengalami peningkatan dengan kualifikasi Sangat Baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 54,1, siklus I 64,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan motorik halus, kegiatan menggunting, penelitian tindakan kelasen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Kelompok A2 Melalui Kegiatan Menggunting di TK Bina Anaprasa NURIS Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record