Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.authorThoyiba, Holila
dc.date.accessioned2016-08-15T08:53:00Z
dc.date.available2016-08-15T08:53:00Z
dc.date.issued2016-08-15
dc.identifier.nim120210204042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76479
dc.description.abstractenelitian ini menggunakan pola non equivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Ajung 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 1,314, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan db = 73 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan db = 73 memiliki harga 1,993. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya langsung ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas Eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 4,593, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 73 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1,993. Diperoleh > (4,537 > 1,998), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN Ajung 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN Ajung 01 Jember diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN Ajung 01 Jember. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru menggunakan media poster dalam pembelajaran sebagai alternatif pilihan untuk variasi pembelajaran yang menuntut siswa untuk memiliki ide dalam mengembangkan kerangka tulisan. Selain itu sebagai referensi untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan muatan pelajaran, materi ajar, dan kebutuhan peserta didik, serta dapat memberikan wawasan dan masukan serta bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPenggunaan Media Posteren_US
dc.subjectKemampuan siswa menulis Puisien_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record