PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS III SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
enelitian ini menggunakan pola non equivalent group design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Ajung 01 Jember.
Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji
homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang
dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 1,314, kemudian
harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan db = 73 pada taraf
signifikansi 5%. Nilai dengan db = 73 memiliki harga 1,993. Hasil tersebut
membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi
perlakuan adalah homogen. Selanjutnya langsung ditentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol, didapatkan kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai
kelas Eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang
merupakan skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis
dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh
= 4,593, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 73 pada
taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1,993. Diperoleh > (4,537 >
1,998), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh
penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN
Ajung 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh
penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN
Ajung 01 Jember diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN
Ajung 01 Jember. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru menggunakan media
poster dalam pembelajaran sebagai alternatif pilihan untuk variasi pembelajaran yang
menuntut siswa untuk memiliki ide dalam mengembangkan kerangka tulisan. Selain
itu sebagai referensi untuk menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan
muatan pelajaran, materi ajar, dan kebutuhan peserta didik, serta dapat memberikan
wawasan dan masukan serta bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.