• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB TEMA CITA-CITAKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Enis Ardiawati - 120210204079.pdf (2.440Mb)
    Date
    2016-08-15
    Author
    Ardiawati, Enis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN kebonsari 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB Tema Cita-citaku melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SDN kebonsari 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Kebonsari 01 sebanyak 40 siswa yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh selama pelaksanaan siklus 1 dan 2 menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IVB SDN Kebonsari 01 meningkat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada tema cita-citaku subtema giat berusaha meraih cita-cita pembelajaran 1. Skor rata-rata klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 9,17 dari 61,87(cukup aktif) menjadi 71,04 (aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 9,17 dari 71,04 (aktif) menjadi 80,21 (aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada penilaian pengetahuan, skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 13,93 dari 64,15(cukup) menjadi 78,08 (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 2,71 dari 78,08 (baik) menjadi 80,79 (sangat baik). Pada penilaian sikap, skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 3,33 dari 61,25 (cukup) menjadi 64,58 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 13,12 dari 64,58 (cukup) menjadi 77,7 (baik). Pada penilaian keterampilan, skor rata-rata klasikal hasil belajar siswa siklus 1 mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 3,28 dari 76,87 (baik) menjadi 80,15 (sangat baik) dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 3,13 dari 80,15 (sangat baik) menjadi 83,28 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB di SDN Kebonsari 01 Jember. Saran bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran di sekolah, sedangkan untuk peneliti lain hendaknya melakukan pengembangan mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76469
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository