Kontribusi Kegiatan Menari Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Akademik 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan melakukan pengamatan tentang kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan selama 3 minggu untuk memastikan data yang diraih sudah valid. Data diraih melalui data primer yaitu observasi, dan data sekunder wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian dilakukan melalui teknik purposive sampling yaitu 13 anak perempuan kelompok B1 dan B2 di TK Dharma Indra II. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil wawancara diraih untuk mendukung hasil observasi yang dilakukan tentang kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II yang dilakukan terhadap guru dan kepala sekolah. Hasil observasi kegiatan menari dianalis secara deskriptif kualitatif dan dokumentasi berupa kegiatan menari yang dilaksanakan di TK Dharma Indria II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan menari memberikan kontribusi terhadap keterampilan motorik kasar anak, hal ini ditandai adanya gerak lokomotor dan non-lokomotor pada gerakan kegiatan menari tikus pitik dan perkembangan anak yang semakin baik pada setiap pertemuan dengan kualifikasi pada pertemuan ketiga yaitu anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 53 % dan anak yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 45%.
Collections
- SRA-Education [1352]