Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat MI Riyadlus Sholihien Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
View/ Open
Date
2016Author
Rizqi Andriyani
Muhtadi Irvan
Agustiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan siswa cenderung pasif, karena interaksi antara siswa dan guru kurang, guru terfokus pada ceramah, sehingga pembelajaran lebih menekankan pada konsep, belum mengaitkan dengan teknologi serta mengaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Pendekatan STM untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 70,95% menjadi 81,75% pada siklus II. Meningkatnya motivasi belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 82,6 dan meningkat pada siklus II sebesar 89,6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA.
Collections
- SRA-Education [1352]