Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorRiski Syamsi
dc.contributor.authorNuriman
dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2016-08-15T01:58:07Z
dc.date.available2016-08-15T01:58:07Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76436
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan kurang bervariasinya penggunaan metode pembelajaran di kelas sehingga pembelajaran IPA di kelas masih berpusat pada guru, guru lebih aktif dalam pembelajaran, sedangkan keaktifan siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar pokok bahasan benda dan sifatnya siswa kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember tahun pelajaran 2015/2016 melalui metode Guided Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui metode Guided Discovery. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Skor motivasi belajar meningkat dari siklus I 73,6 menjadi 87,3 pada siklus II. Meningkatnya motivasi belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 74,6 dan  meningkat pada siklus II sebesar 86,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Guided Discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmetode Guided Discovery, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa.en_US
dc.titlePenerapan Metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Siswa Kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record