Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas V SDN Kambinganrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015-2016
View/ Open
Date
2016Author
Riga Anindita Aissastri
Singgih Bektiarso
Agustiningsih
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kambinganrejo Pasuruan. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa masih bemain sendiri saat pembelajaran. Guru juga masih belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, masih sering berceramah dan siswa masih belum mendapatkan pengalaman langsung saat pembelajaran . untuk meningkatkan motivasi dan hasil beljar siswa sebgai salah satu solusi yaitu diterapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) agar siswa mendapatkan pengalaman langsung melalui pengamatan dan percobaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kambinganrejo kecamatan Grati kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2015-2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan CTL. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kambinganrejo kecamatan Grati kabupaten Pasuruan yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 55,57% menjadi 76,14% pada siklus II. Meningkatnya motivasi belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 70,8 dan meningkat pada siklus II sebesar 79,31. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA.
Collections
- SRA-Education [1352]