PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing adalah strategi yang menuntut siswa menemukan jawaban dari sesuatu yang ingin diketahui secara ilmiah dan gaya belajarnya sendiri dengan bimbingan guru. Pada pembelajaran inkuiri siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir sistematis, logis, kritis dan melatih keterampilan ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji adakah pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA dan kelas IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh thitung=8,104 dengan keefektifan relative sebesar 47,278%. Hasil perhitungan menunjukkan > yaitu 8,104 > 1,994 sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember diterima. Berdasarkan hasil penghitungan di atas dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan lebih baik bila dibandingkan dengan kelompok yang belajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing.
Collections
- SRA-Education [1352]