Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Materi Pecahan Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN Ambulu 03 Tahun 2014/2015
View/ Open
Date
2015Author
Putri Pristiana Rahayu
Titik Sugiarti
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Ambulu 03 untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa menerapkan model kooperatif tipe (Numbered Heads Together) NHT. Hal ini dikarenakan nilai ulangan matematika siswa yang rendah. Siswa kurang memahami materi pecahan dan kurang berinteraksi dengan teman yang lain untuk memperoleh pengetahuan baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes yang diadakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah penelitian. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan hasil pengamatan yang berbeda-beda di tiap siklus. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 63,75%, siklus 1 menjadi 78,14%, dan siklus 2 menjadi 88,56%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas V SDN Ambulu 03.
Collections
- SRA-Education [1352]