PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL LEARNING CYCLE MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada
pra siklus secara klasikal sebesar 56,58% (kategori cukup), pada siklus I persentase
aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 75,32% (kategori aktif) dan persentase
aktivitas belajar siswa pada siklus II secara klasikal sebesar 91,35% (kategori sangat
aktif). Data persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus secara klasikal sebesar
69,86% (kategori cukup), pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa
secara klasikal sebesar 83,03% (kategori sangat baik) dan pada siklus II persentase
ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 90,49% (kategori sangat baik).
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 pada materi sumber daya alam.
Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada
beberapa saran yaitu bagi guru, dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar; bagi siswa, dapat menumbuhkan
keingintahuan siswa sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar; bagi peneliti
lain, dapat menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat umum
dan dunia pendidikan khususnya sehingga dapat menciptakan kreativitas dalam
pembelajaran.