• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL LEARNING CYCLE MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Yulia Mardiyana - 120210204126-1.pdf (2.096Mb)
    Date
    2016-08-11
    Author
    MARDIYANA, Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pra siklus secara klasikal sebesar 56,58% (kategori cukup), pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 75,32% (kategori aktif) dan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II secara klasikal sebesar 91,35% (kategori sangat aktif). Data persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus secara klasikal sebesar 69,86% (kategori cukup), pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 83,03% (kategori sangat baik) dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 90,49% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2015/2016 pada materi sumber daya alam. Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yaitu bagi guru, dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar; bagi siswa, dapat menumbuhkan keingintahuan siswa sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar; bagi peneliti lain, dapat menemukan sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk masyarakat umum dan dunia pendidikan khususnya sehingga dapat menciptakan kreativitas dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76357
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository