ANALISIS KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA BERDASARKAN KRITERIA VAN HIELE DITINJAU DARI KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GENTENG
Abstract
Kemampuan visual-spasial siswa SMA dalam menyelesaikan soal berstandar
PISA yang mempunyai kemampuan geometri tinggi pada 3 subjek kelas X-MIPA
SMA Negeri 1 Genteng memenuhi 4 karakteristik yang terinci atas karakteristik
pengimajinasian, pengkonsepan, penyelesaian masalah dan penemuan pola. Sedangkan
untuk level berpikir geometri menurut van Hiele, siswa yang berkemampuan geometri
tinggi ini sampai pada level 2 yaitu deduksi informal. Walaupun ada 1 siswa yang
hanya mencapai level 1 (Analisis). Siswa KGS03 memenuhi 4 karakteristik yang ada,
sedangkan KGS01 dan KGS02 cenderung memenuhi karakteristik penemuan pola.
Sedangkan untuk level berpikir geometri menurut van Hiele, siswa yang
berkemampuan geometri tinggi ini sampai pada level 1 yaitu analisis. Walaupun tidak
semua siswa dapat mencapai level 1. Siswa KGR01 tidak memenuhi semua
karakteristik kemampuan visual spasial. Sedangkan untuk level berpikir geometri
menurut van Hiele, siswa yang berkemampuan geometri tinggi ini sampai pada level 1
yaitu analsis. Siswa yang berkemampuan geometri sedang pada 3 subjek, siswa
KGS03 memenuhi 4 karakteristik yang ada, sedangkan KGS01 dan KGS02 cenderung
memenuhi karakteristik penemuan pola. Sedangkan untuk level berpikir geometri
menurut van Hiele, siswa yang berkemampuan geometri tinggi ini sampai pada level 1
yaitu analisis. Walaupun tidak semua siswa dapat mencapai level 1. Siswa yang
mempunyai kemampuan geometri rendah pada 3 subjek kelas X-MIPA SMA Negeri
1 Genteng, siswa KGR01 tidak memenuhi semua karakteristikkemampuan visual
spasial. Sedangkan untuk level berpikir geometri menurut van Hiele, siswa yang
berkemampuan geometri tinggi ini sampai pada level 1 yaitu analsis.