Show simple item record

dc.contributor.advisorSUGIARTI, Titik
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.authorAGUSTINA, Windy Zarina
dc.date.accessioned2016-08-11T02:28:44Z
dc.date.available2016-08-11T02:28:44Z
dc.date.issued2016-08-11
dc.identifier.nimNIM120210204091
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76347
dc.description.abstractRumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik (scientific approach) pokok bahasan kesebangunan bangun datar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember pokok bahasan kesebangunan bangun datar tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain PTK menurut Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember yang berjumlah 36 siswa, terdiri atas 20 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pembelajaran dengan alokasi waktu 3x35 menit. Materi yang dibahas pada pembelajaran I adalah bangun datar persegi panjang, segitiga, trapesium, sedangkan pada pembelajaran II membahas materi bangun datar belah ketupat, layang-layang dan jajar genjang. Alat peraga yang digunakan pada siklus I adalah geoboard bertitik, sedangkan pada siklus II digunakan alat peraga bangun datar dari karton. Penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan kesebangunan bangun datar dilaksanakan secara berkelompok melalui lima langkah, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Pada siklus I digunakan alat peraga geoboard bertitik dan siklus II digunakan alat peraga bangun datar dari karton. Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Persentase aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 38,9% (tidak aktif), pada siklus I sebesar 62,75% (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar 83,2% (sangat aktif). Persentase rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari prasiklus hingga siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 67,4 (cukup baik), pada siklus I sebesar 80 (baik) dan siklus II sebesar 89,9 (baik). Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210204091;
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPENDEKATAN SAINTIFIKen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KESEBANGUNAN BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN TEGALGEDE 01 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record