PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KESEBANGUNAN BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN TEGALGEDE 01 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan
pendekatan saintifik (scientific approach) pokok bahasan kesebangunan bangun datar
sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN
Tegalgede 01 Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede
01 Jember pokok bahasan kesebangunan bangun datar tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan
desain PTK menurut Hopkins. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
V SDN Tegalgede 01 Jember yang berjumlah 36 siswa, terdiri atas 20 siswa
perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus,
setiap siklus terdiri atas dua pembelajaran dengan alokasi waktu 3x35 menit. Materi
yang dibahas pada pembelajaran I adalah bangun datar persegi panjang, segitiga,
trapesium, sedangkan pada pembelajaran II membahas materi bangun datar belah
ketupat, layang-layang dan jajar genjang. Alat peraga yang digunakan pada siklus I
adalah geoboard bertitik, sedangkan pada siklus II digunakan alat peraga bangun
datar dari karton.
Penerapan pendekatan saintifik pokok bahasan kesebangunan bangun datar
dilaksanakan secara berkelompok melalui lima langkah, yaitu: mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Pada siklus I digunakan alat peraga
geoboard bertitik dan siklus II digunakan alat peraga bangun datar dari karton.
Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
secara klasikal. Persentase aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 38,9%
(tidak aktif), pada siklus I sebesar 62,75% (cukup aktif), dan pada siklus II sebesar
83,2% (sangat aktif). Persentase rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dari prasiklus hingga siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar
67,4 (cukup baik), pada siklus I sebesar 80 (baik) dan siklus II sebesar 89,9 (baik).
Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tegalgede 01 Jember.