dc.description.abstract | Pembelajaran IPA akan lebih mudah dipahami apabila pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Pendekatan Keterampilan Proses merupakan salah satu pendekatan yang tepat diterapkan dalam pembelajaran IPA karena dapat memberikan kesempatan secara langsung kepada siswa untuk memahami dan membangun konsep-konsep yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa Kelas IV mata pelajaran IPA di SD Negeri Jember Kidul 04. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB di SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test post-test. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, hasil perhitungan selisih nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,859 dan ttabel sebesar 1,665, maka thitung > ttabel yaitu 5,859 > 1,665 dari db = 89 pada taraf signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, dari hasil perhitungan keefektifan relatif diperoleh hasil ER sebesar 27,73% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas IVB yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses lebih baik 27,73% dibandingkan dengan kelas IVA yang diajar tanpa pendekatan keterampilan proses. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2015/2016. | en_US |