Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Lingkungan Alam di SDN Sumbersari 02 Jember
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari 02 Jember mata pelajaran PKn. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab. Kegiatan pembelajaran yang masih konvensional ini mengakibatkan siswa cepat bosan yang berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas III SDN Sumbersari 02 masuk dalam kategori rendah Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema lingkungan alam melalui Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 33 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Problem Based Learning (PBL), rata-rata aktivitas siswa meningkat sebesar 11,21%. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 59,69% menjadi 70,90% pada siklus II. Demikian juga dengan presentase rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan sebesar 7,21%. Pada siklus I presentase rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,12% meningkat menjadi 78,33% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan belajar menjadi lebih bermakna.
Collections
- SRA-Education [1352]