• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B2 Di TK Ilmu Al Qur'an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Dini Kusmiati.odt (267.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Nur Dini Kusmiati
    M. Sulthon
    Syarifuddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di TK Ilmu Al Qur'an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan media boneka tangan dalam metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelompok B2 yang masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelompok B2 dan peningkatan kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok B2 melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Ilmu Al Qur'an Sempusari Kaliwates Jember dengan jumlah anak 20 yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil observasi dan tes kemampuan berkomunikasi anak dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan berkomunikasi anak kelompok B2 mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pada siklus I meningkat yaitu yang tuntas 84,2% dan yang tidak tuntas 15,8%, sedangkan pada siklus II yang tuntas 94,4% dan yang tidak tuntas 5,6%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76325
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository