Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B2 Di TK Ilmu Al Qur'an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Ilmu Al Qur'an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan media boneka tangan dalam metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelompok B2 yang masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak kelompok B2 dan peningkatan kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok B2 melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Ilmu Al Qur'an Sempusari Kaliwates Jember dengan jumlah anak 20 yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil observasi dan tes kemampuan berkomunikasi anak dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan berkomunikasi anak kelompok B2 mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pada siklus I meningkat yaitu yang tuntas 84,2% dan yang tidak tuntas 15,8%, sedangkan pada siklus II yang tuntas 94,4% dan yang tidak tuntas 5,6%.
Collections
- SRA-Education [1352]