Show simple item record

dc.contributor.advisorRusdhianti Wuryaningrum
dc.contributor.advisorMujiman Rus Andianto
dc.contributor.authorNunung Wahyu Hidayat
dc.contributor.authorRusdhianti Wuryaningrum
dc.contributor.authorMujiman Rus Andianto
dc.date.accessioned2016-08-11T01:39:10Z
dc.date.available2016-08-11T01:39:10Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76322
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang kohesi dan koherensi dalam karangan narasi siswa kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusari Jember. Tujuan penelitian ini menentukan bentuk-bentuk kohesi gramatikal, kohesi leksikal dan koherensi dalam karangan narasi siswa. Metodologi penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Rancangan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang dapat diamati. Data deskriptif yang dihasilkan penelitian ini adalah berupa kata-kata tertulis yang diperoleh dari karangan narasi siswa kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusri Jember. Data dalam penelitian ini berupa kohesi dan koherensi dalam karangan narasi siswa kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusri Jember. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu karangan narasi siswa kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusri Jember. Peneliti memilih siswa kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusri Jember dengan pertimbangan bahwa SMP Islam Bustanul Pakusari Jember dengan alasan siswa kelas VII A menarik dalam materi karangan narasi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dan observasi. Teknik dokumentasi dalam peneletian ini dilakukan dengan pengumpulan data berupa tulisan yang menunjukkan kohesi dan koherensi dalam karangan narasi siswa kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusri Jember yang di dokumentasikan oleh guru. Pengumpulan data berupa kalimat dan unsur-unsur pembetukannya yang diindikasikan kohesi dan koherensi dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Proses pengumpulan data adalah memilih karangan narasi siswa yang telah terkumpul dari penugasan kepada siswa kelas VII A untuk membuat karangan narasi dengan berpedoman pada kriteria karangan narasi. Kemudian peneliti mengamati karangan narasi tersebut dengan teliti, yaitu dengan cara membacanya berulang-ulang untuk mengidentifikasikan kalimat-kalimat dan unsur-unsur pembentuknya untuk ditandai, kemudian dicatat dalam instrumen pengumpulan data. Kata Kunci : kohesi dan koherensi; materi pembelajaranen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkohesi dan koherensi; materi pembelajaranen_US
dc.titleKohesi Dan Koherensi Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VII A SMP Islam Bustanul Pakusari Jember “Cohesion and Coherence In The Narrative Essay Class VII A Junior Islam Bustanul Pakusari Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record