• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Kegiatan Ekonomi di SDN Pocangan 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    NOVIKA PURNAMASARI.odt (309.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Novika Purnamasari
    Rahayu
    Chumi Zahroul F
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran berbasis proyek lebih memusatkan pada masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi siswa dalam merancang sebuah proyek yang kemudian akan mereka kerjakan dalam waktu yang sudah guru sediakan sesuai dengan konsep yang diajarkan. Harapannya siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya selama mengkuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Pocangan 1 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Project Based Learning aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Skor aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 36,4 dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 58,6 dengan kriteria cukup aktif, dan aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 74,4 dengan kriteria aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 59,1 dengan kriteria kurang, pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 63,4 dengan kriteria cukup baik, dan pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 75,1 dengan kriteria baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76320
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository