Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorSETIAWAN, Toto’ Bara
dc.contributor.authorMAGFUR, Moh. Hadi
dc.date.accessioned2016-08-11T01:20:14Z
dc.date.available2016-08-11T01:20:14Z
dc.date.issued2016-08-11
dc.identifier.nimNIM120210101113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76314
dc.description.abstractHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis memiliki hubungan yang signifikan yang bersifat positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Balung tahun ajaran 2015/2016 sebagaimana yang digambarkan oleh model regresi ganda Y = 29,055 + 1,252X1 + 1,619X2. Peran kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis cukup tinggi yaitu 56,8% dibandingkan faktor-faktor lainnya. Selain dari model regresi, pengaruh dari kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika siswa juga ditunjukkan dari hasil uji F. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung sebesar 102,217 yang memiliki nilai lebih besar daripada Ftabel yaitu sebesar 3,06. Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan dari hasil uji t. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kemampuan numerik memiliki pengaruh sebesar 25,92% dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung sebesar 5,118 yang lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,65494. Sedangkan kemampuan penalaran matematis, memiliki pengaruh sebesar 30,88% dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung sebesar 6,099 yang lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,65494. Selain itu, kontribusi pengaruh dari masing-masing butir soal yang ada dalam tes kemampuan numerik dan tes kemampuan penalaran matematis juga memiliki perbedaan yang bervariasi. Untuk kemampuan numerik dari 20 butir soal terdapat 16 butir soal yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk kemampuan penalaran matematis, dari 20 butir soal terdapat 17 butir soal yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210101113;
dc.subjectKEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATISen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR MATEMATIKAen_US
dc.titleHUBUNGAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BALUNG TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record