• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BALUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Moh. Hadi Magfur - 120210101113 -1.pdf (4.219Mb)
    Date
    2016-08-11
    Author
    MAGFUR, Moh. Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis memiliki hubungan yang signifikan yang bersifat positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Balung tahun ajaran 2015/2016 sebagaimana yang digambarkan oleh model regresi ganda Y = 29,055 + 1,252X1 + 1,619X2. Peran kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis cukup tinggi yaitu 56,8% dibandingkan faktor-faktor lainnya. Selain dari model regresi, pengaruh dari kemampuan numerik dan kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika siswa juga ditunjukkan dari hasil uji F. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung sebesar 102,217 yang memiliki nilai lebih besar daripada Ftabel yaitu sebesar 3,06. Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan dari hasil uji t. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kemampuan numerik memiliki pengaruh sebesar 25,92% dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung sebesar 5,118 yang lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,65494. Sedangkan kemampuan penalaran matematis, memiliki pengaruh sebesar 30,88% dan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung sebesar 6,099 yang lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,65494. Selain itu, kontribusi pengaruh dari masing-masing butir soal yang ada dalam tes kemampuan numerik dan tes kemampuan penalaran matematis juga memiliki perbedaan yang bervariasi. Untuk kemampuan numerik dari 20 butir soal terdapat 16 butir soal yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Sedangkan untuk kemampuan penalaran matematis, dari 20 butir soal terdapat 17 butir soal yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76314
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository