dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil yang berupa soal-soal open ended yang terdiri dari kisi-kisi soal, soal open ended, alternatif jawaban dan pedoman penskoran. Soal open ended yang dikembangkan mencangkup 4 indikator penalaran matematika yaitu: mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Penelitian ini menggunakan prosedur 4-D. Selama proses pengembangan, soal-soal disebut draf. Pertama-tama dilakukan tahap Define setelah itu dilanjutkan ke tahapan Design dan menghasilan instrumen berupa draft I. Instrumen ini kemudian dinalai oleh 3 validator ahli. Dari tahap penilaian ahli ini didapatkan nilai validitas dari ketujuh butir soal memiliki interpretasi validasinya sangat tinggi. Pada uji penilaian oleh validator ini juga dilakukan perbaikan terhadap soal sesuai dengan saran dari 3 validator ahli agar draf yang dihasilkan layak untuk diuji cobakan ke lapangan. Tahap ketiga adalah Develop yaitu uji coba lapangan dan menganalisis apakah soal-soal yang dikembangkan memenuhi kriteria soal yang baik. Analisis reliabilitas untuk paket A senilai 0,50 artinya memiliki reliabilitas cukup. Validitas butir soal juga memiliki interprestasi untuk soal nomor 1, 4, dan 7 cukup baik sedangkan 2, 3, 5, dan 6 validitasnya tinggi. Analisi data untuk tingkat kesukaran, didapatkan 6 soal dengan tingkat kesukaran sedang dan 1 saol sukar. Analisis data untuk kemampuan daya pembeda setiap butir soal didapatkan 5 soal cukup baik, 1 soal baik, dan 1 soal sangat baik. Pada umumnnya semua butir soal yang dikembangkan ini sudah masuk kriteria soal open ended yang baik sehingga layak digunakan sebagai acuan untuk mengukur penalaran matematika siswa dengan 4 indikator kemampuan penalaran matematika. Tahap terakhir pada pengembangan ini ialah disseminate yaitu penyebarluasan instrumen. | en_US |