dc.description.abstract | Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan. Seorang guru termasuk guru sejarah di tuntut untuk selalu meningkatkan profesionalismenya sehingga akan tercapai tujuan Pendidikan Nasional. Untuk mengatasi permasalahan maka diperlukan manajemen sumber daya manusia yang diterapkan disekolah yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru sejarah di MAN Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian sumber daya manusia dalam meningkatkan profesionalisme guru sejarah di MAN Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru mata pelajaran sejarah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan hasil penelitian menggunakan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan sumber daya manusia dilakukan dimulai dari kegiatan perencanaan rekruitmen, penempatan dan pengembangan guru mata pelajaran sejarah. Pengorganisasian dilakukan dengan mengintegrasikan sumber daya sekolah . Penggerakan dilakukan dengan kepemimpinan yang baik, memberikan motivasi dan berkomunikasi dengan baik dengan guru sejarah. Pengendalian yang dilakukan dengan supervisi administrasi, supervisi akademik, supervisi murid dan penilaian kinerja. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen sumber daya manusia dapat meningkatkan profesionalisme guru sejarah. | en_US |