HUBUNGAN INDEKS KEPUASAN PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN DIMENSI KEHANDALAN DENGAN MINAT BEROBAT KEMBALI DI RSD KALISAT KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan indeks kepuasan pasien tentang mutu pelayanan dimensi kehandalan dengan minat berobat kembali di RSD Kalisat Kab. Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan desain cross sectional study. Sampel yang dibutuhkan sebanyak 84 responden dengan
teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Penelitian ini berlokasi di Poli Rawat Jalan RSD Kalisat Kab. Jember. Data primer dalam penelitian ini meliputi karakteristik responden, indeks kepuasan pasien tentang mutu pelayanan dimensi kehandalan dan pernyataan minat berobat kembali. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik wawancara terstruktur. Data sekunder berupa profil RSD Kalisat Kab. Jember. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan program komputer. Hasil uji normalitas menggunakan metode analisis dengan uji Kolmogorov-Smirnov mempunyai nilai signifikasi p=0,000, kemudian dilakukan uji Spearman’s Rho dengan p=0,021.
Hasil penelitian menunjukkan dari 84 responden, sebanyak 4 responden atau 4,8% responden merasa netral, sebanyak 22 responden atau 26,2% responden merasa puas, dan sebanyak 58 responden atau 69,0% responden merasa sangat puas terhadap pelayanan yang sudah diterima. Sebanyak 13 responden atau 15,5% tidak berminat berobat kembali dan sebanyak 71 responden atau 84,5% merasa beminat berobat kembali di RSD Kalisat Kab. Jember. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara indeks kepuasan pasien tentang mutu pelayanan dimensi kehandalan dengan minat berobat kembali di RSD Kalisat Kab. Jember dengan korelasi yang lemah (0,252).
Collections
- UT-Faculty of Medical [1487]