PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SDN Rambigundam 01 Jember terhitung pada tanggal 14 Desember 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental atau eksperimental sebenarnya dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 01 Jember. Penentuan kelas mana yang akan dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen, terlebih dahulu peneliti melakuka omogenitas terhadap populasi k menentukan tingkat kemampuan a. Hasil perhitunga as menunjuk harga selanjutnya harga b. harga 40 pada taraf signifikansi 5%. Nilai memiliki harga 2, 011. Hasil tersebut membuktikan bahwa < 2,011 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Tindak lanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen, observasi, wawancara tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan po yang dianalisis dan rumus uji-t. Hasil perhit dengan harga ini kemudian dibanding dengan fikansi 5% sehingga diperoleh = 2,0. Diperoleh 2,0168), dengan demikian hipotesis nihil (yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember diterima.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jember. Model cooperative learning tipe STAD ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu cara dalam hal penyampaian materi khususnya pada proses pembelajaran di sekolah mata pelajaran IPS.